Source: http://caramembuat524.blogspot.com/2014/01/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html

Selasa, 24 Juni 2014

Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH)




Air merupakan kebutuhan pokok hidup manusia tidak hanya untuk mandi dan mencuci tetapi juga untuk makan dan minum yang menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Akan tetapi pada saat ini masih banyak sekali manusia yang masih kekurangan air bersih khusus nya diindonesia. Disamping dengan tercemarnya air-air yang ada, factor air bersih sulit didapat ini terjadi karena daerah tersebut merupakan daerah perbukitan selain itu aksesnya pun sulit dilewati oleh manusia. Dengan demikian perlu adanya solusi untuk menjawab masalah-masalah mengenai air tersebut.
                Akuifer buatan simpanan air hujan (absah) merupakan salah satu solusi untuk menangani masalah tersebut, dalam hal ini air hujan sebagai media utamanya. Melihat debit air yang tinggi ketika musim hujan solusi ini merupakan alternative yang menguntungkan bagi Indonesia. Selain itu didaerah perbukitan yang selama ini pengambilan air nya harus menempuh perjalanan berjam-jam pun dengan solusi seperti ini untuk selanjutnya bisa kapan saja memperoleh air bersih. Meskipun begitu untuk pembuatan akuifer buatan simpanan air hujan (absah) seperti ini tidaklah mudah, oleh karena itu perlu adanya beberapa tahapan-tahapan agar bangunan absah tersebut sesuai dengan standar yang ada. Pertama, pemeriksaan air hujan didaerah yang akan dibangun konstruksi absah apakah kualitas air tersebut bagus atau tidak. Jika kualitas air tersebut tidak bagus maka perlu dilakukan tindakan mutu perbaikan kualitas air agar sampai pada tingkat yang sesuai untuk penggunaannya. Kedua, buat bak pemasukan air untuk memasukan air yang tertangkap oleh atap bangunan yang melewati talang dan selanjutnya air mengalir ke dalam bak akuiver buatan dan tertampung dibak tampungan. Bak akuifer buatan berfungsi sebagai filter dan untuk pemerkaya mineral melalui kontak air dengan melalui material akuifer. Oleh sebab itu semakin lama air yang mengalir melewati material akuifer buatan maka semakin bagus kualitas air yang dihasilkan, sebaliknya apabila semakin cepat air mengalir melalui material akuifer buatan maka kualitas air yang dihasilkan juga akan berkurang. Sehingga pada waktu pembuatan bak material akuifer buatan haruslah diperluas. Kemudian tahapan selanjutnya membangun bak penampung air yang sudah melewati material akuifer buatan dan yang terakhir pembuatan bak pengambil air yang menggunakan alat bantu misalnya saja ember, alat timba ataupun pompa. Ketiga, cek kualitas kadar air dalam hal ini bertahap dari pengecekan perminggu, perbulan dan pertahun. Disamping itu perawatan bangunan absah ini sangatlah penting agar bangunan dapat bertahan lama dan air yang dihasilkan tidak tercampur dengan bahan-bahan lain.
                Dari pembahasan diatas dapat diketahui bahwa problematika kebutuhan air bersih oleh manusia merupakan pokok masalah yang harus cepat diselesaikan dengan solusi yang tepat sasaran, seperti misalnya pembuatan bangunan akuiver simpanan air hujan (ABSAH) yang pada dasarnya air hujan yang tadinya terbuang dan mengalir menjadi air tanah dengan waktu yang relative lama bisa kita gunakan lebih cepat dengan mengalirkannya ke bangunan ABSAH yang telah kita buat dengan standar yang sudah ada. 



Nama                    : Iqbal Fiqri
NPM                      : 12510006
Mata Kuliah        : Metodologi Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar